Kali ini saya akan menuliskan cara mengatur tampilan monitor dual view. Bagi rekan-rekan yang belum familiar dengan istilah dual view saya akan jelaskan. Tampilan monitor dual view artinya dari cpu output vga dibagi menjadi 2, yakni 1 output menuju ke monitor operator easyworship dan output kedua menuju monitor/lcd projector yang akan ditampilkan ke jemaat. 

Namun demikian cpu harus mempunyai vga dual view.

Untuk gambar diatas card vga dual view hanya bisa digunakan untuk desktop PC (harga Rp  575.000,-) … sementara untuk laptop tidak bisa.. Tetapi jangan takut …. bila laptop rekan-rekan ada yang belum support untuk tampilan dual view … penambahan alat tersebut dapat menggunakan usb display adapter…. tinggal colokkan pada port usb … maka rekan-rekan bisa memakai laptop tersebut untuk tampilan dual view …. dibawah ini adalah gambar usb display adapter:

Bila rekan-rekan kesulitan untuk mendapatkan alat-alat tersebut … saya dapat mengusahakannya…. Silakan hubungi di hp 08563008374 / email trihajar0530@yahoo.co.id


Ada dua langkah yang harus kita lakukan untuk mengatur tampilan dual view:

- Mengatur/mengaktifkan extended monitor pada cpu.

- Mengatur/mengaktifkan secondary monitor pada program Easyworship.

Oke.., saya akan mulai langkah-langkah yang dilakukan untuk mengaktifkan extended monitor pada cpu. Pertamakali kita harus mencolokkan monitor operator pada output 1  dan lcd projector pada output 2 pada vga dual view. Selanjutnya….

Mengatur/mengaktifkan extended monitor pada cpu.

1. Klik kanan pada desktop.

2. Muncul dialog box, pilih Properties

3. Pilih dan klik Settings

4. Pilih dan klik monitor 2 dan centang “extended…”

(kalo belum muncul gambar monitor 2… berarti monitor ke 2 belum terdeteksi..jadi periksa perkabelannya. Tancapkan semua kabel kedua monitor pada vga, dan nyalakan lcd projector terlebih dahulu sebelum menyalakan cpu)

5. Klik ok.

Mengatur/mengaktifkan secondary monitor pada program Easyworship.

1. Buka Easyworship.

2. Pilih dan klik Live pada toolsbar.

3. Pilih Option, akan muncul dialog box

4. Pada Output Monitor pilih Secondary Monitor

5. Klik Ok.

6. Selesai.

Nah kita akan melihat tampilan dua monitor yang berbeda saat menjalankan Easyworship.

About these ads